BATIK KAYU DESA KREBET

Dahulu pedusunan Krebet merupakan bentangan hutan yang berada di atas bukit Slarong, dan belum memungkinkan untuk dijadikan tempat pemukiman penduduk. Sedangkan tumbuhan yang kemungkinan hanya tumbuhan semak-semak perdu dan beberapa kayu yang pada waktu itu tidak berharga.

 
Lama-kelamaan dari masyarakat seberang timur dan barat mencoba membuka hutan tersebut untuk pertanian. Salah satunya jambu kluthuk yang menjadi buah andalan diperbukitan Slarong namun lambat laun hilang lebur karena kehilangan kesuburan struktur tanah serta bersaing dengan jambu kluthuk jenis bangkok, maka sebagian beliau beralih ke pengrajin.
 
Pertama kali ide membuat kerajinan ini dilakukan oleh Bapak Gunjiar warga setempat, beliau mencoba membuat jenis wayang kulit sebagai media seninya. Namun usaha ini tidak berjalan cukup lama dikarenakan beberapa hal salah satunya proses pembuatan yg rumit dan membutuhkan waktu lama. Akhirnya Pak Gunjiar mencoba mencari ide lain dan terbesitlah membuat wayang dengan materi bahan dari kayu. 
Image
 
Dari sini mulailah ada penambahan warna motif menggunakan media lilin dan luar biasa peminatpun datang dari semua penjuru baik lokal maupun luar, lambat laun beliaupun mengembangkan beberapa jenis lain selain wayang, ada topeng, tempat Al’Quran, dan gantungan kunci. Harganya pun pariatif mulai dari Rp 2500,- sampai ratusan Ribu rupiah.
 
Image
 
 pada tahun 80-an masyarakat mulai meniru jejak Bapak Gunjiar mencoba untuk beralih ke kerajinan. Tahapan kerajinan dari seni topeng hingga kini menjadi bermacam-macam jenis menurut pemesan atau pesanan konsumen, hingga sekarang menjadi andalan kayu batik. Salah satunya Pak Basu yang kini penjualan kayu Batiknya sudah mencapai mancanegara. 
Image
 
Image
 
Beliaupun berujar tidak akan mencoba membuka cabang / berjualan di daerah Kota seperti pusat perbelanjaan yg cukup terkenal di Jogja yg tak lain Malioboro ini dikarenakan ingin menjadikan Dusun Krebet ini menjadi desa wisata kerajinan Batik Kayu yang tidak ada duanya di Indonesia bahkan Dunia. Sehingga dusun Krebet akan menjadi tujuan wisata selanjutnya setelah Jogjakarta.
 
Nah bagi anda yang ingin berlibur ke Jogjakarta tidak ada salahnya untuk mengagendakan desa ini menjadi salah satu tujuan selanjutnya karena Lokasinya pun hanya +- 1jam aja dari Kota Jogja
 
 
Selamat berwisata di desa wisata Krebet!
 
Advertisements