Assalammualaikum Wr, Wb.

hai guys, ga terasa yah sebentar lagi kaum muslimin akan menjalani ibadah puasa, nah persiapan apa saja yang sudah kawan lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan bagi kaum muslim di dunia ini?? Yang pasti hal-hal positif donk yang sudah dipersiapkan oleh kawan semua.

Kita bahas kuliner aja yuk guys, nah di kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang merupakan kota satelite penyangga ibukota Semarang ini, ada tradisi yang cukup unik setiap memasuki bulan Ramadhan, tentunya dalam hal kulinernya nih.

makanan tersebut berasal dari "telur ikan mimi" dikalangan masyarakatnya merupakan makanan wajib saat bulan puasa. Bahkan sebelum ramadan tiba, masyarakat Kaliwungu, Kendal berburu makanan ini. Mereka juga rela berdesak-desakan dengan warga lainnya agar mendapatkan telur ikan mimi atau wuwu.

Ikan mimi

Ndog mimi atau telur ikan mimi berasal dari ikan sejenis pari dengan cangkang keras lebar pipih yang biasanya didapat dari laut. Konon, ikan ini selalu berpasangan atau bertumpukan. Untuk mengambil telurnya, cukup dikeruk dari bagian bawah cangkangnya, biasanya dibuat urap dengan campuran kelapa parut atau dibuat pepes. Butiran telur ikan yang sedikit keras ini rasanya gurih enak, mirip seperti telur kepiting.

Untuk satu plastik kecil telur mimi di jual Rp 2.000 namun tidak jarang pedagang menjual secara utuh satu ekor mimi seharga Rp 10 -15 ribu.

Eits tapi harus extra hati2 ya guys dalam mengolah makanan ini kalo mau mengambil telur dalam perutnya, karena disinyalir apabila salah mengambilnya bisa keracunan loh, karena didalam perut hewan ini mengandung racun yang cukup mematikan..wuihhhhh ngeri juga yak. Nah penulis saranin kalo memang mau nyoba kuliner ini mending beli yang udah dalam bentuk telurnya aja, dipasar banyak kok yang menjual telur ini dalam bentuk kemasan.

Ikan Mimi

Nah Masyarakat kendal biasanya menyajikan kuliner Telur Mimi ini hanya untuk Buka Puasa tapi tidak jarang ada yang menyajikannya untuk saur juga, karena selain lezat konon makanan ini bisa membuat nafsu makan bagi anak-anak dimasa pertumbuhannya.

Naah, cukup bermanfaat jugakan guys!! Kalo mampir ke Kendal di saat bulan Ramadhan tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner ini khan?? Hehe

Advertisements